Oleh : Marwan (Guru Ahli Muda pada SMK Kehutanan Negeri Makassar, Kementerian Kehutanan)
Inovasi pembelajaran terus dikembangkan agar siswa lebih aktif, fokus, dan mudah memahami materi. Salah satu praktik baik yang menarik adalah penerapan pembelajaran matematika berdiferensiasi LESTARI (Learning Station Relasi dan Fungsi) di SMK Kehutanan Negeri Makassar. Dengan memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar dan Rumah Belajar, pembelajaran matematika yang biasanya dianggap sulit diubah menjadi lebih menyenangkan dan interaktif melalui lima stasiun belajar.
Hasilnya sangat positif: siswa tidak hanya lebih memahami konsep relasi dan fungsi, tetapi juga lebih bersemangat mengikuti pelajaran. Refleksi menunjukkan sebagian besar siswa merasa senang hingga sangat senang dengan model ini. Praktik baik ini membuktikan bahwa strategi pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan motivasi, kolaborasi, sekaligus hasil belajar siswa.
Baca artikel lengkapnya untuk mengetahui langkah-langkah penerapan, tantangan yang dihadapi, serta refleksi guru dan siswa dalam mewujudkan pembelajaran matematika yang efektif dan inspiratif.